Solusi Saat Lupa Nomor BPJS | Pinjaman online kuningan info

Solusi Saat Lupa Nomor BPJS

Solusi Saat Lupa Nomor BPJSKNGInfo.comSolusi Saat Lupa Nomor BPJS. Dengan kehadiran BPJS, hampir semua rakyat Indonesia merasa teringankan saat ingin mendapatkan fasilitas kesehatan. Karena selain mudah untuk bergabung, iuran tiap bulannya pun sangatlah ringan dan bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Tentunya hal ini pula yang menjadi manfaat dari BPJS, yakni meringankan dan mengurangi beban masyarakat akan urusan biaya pengobatan.

Untuk melakukan pembayaran iuran tiap bulannya pun sangatlah mudah. Yakni hanya dengan membawa kartu BPJS yang memang akan diberikan untuk setiap pesertanya. Namun, bagaimana apabila saat kita ingin membayar iuran, kartu BPJS kita tidak ada atau hilang? Dan lebihnya lagi kita jika lupa akan nomor keanggotaan BPJS kita. Berikut ulasan lebih lanjutnya.

Sekilas Tentang BPJS

Seperti yang kita tahu, BPJS atau Badan Penyelengaraan Jaminan Sosial merupakan badan asuransi kesehatan nasional yang mana setiap warga Indonesia diwajibkan untuk gabung dan menjadi pesertanya, terlebih untuk mereka yang tergolong kurang mampu.

Fasilitas yang BPJS tawarkan terbagi menjadi tiga kelas, yakni kelas satu, kelas dua dan kelas tingkat lanjutan yang untuk iurannya pun berbeda – beda dan berdasarkan kelas yang di pilih. Misalnya saja untuk kelas satu yang bertarif Rp.80.000 perbulannya. Kelas dua bertarif Rp.51.000 perbulannya dan kelas lanjutan atau bisa juga kita sebut kelas tiga memiliki tariff Rp.25.500 perbulannya.

Solusi Mengatasi Lupa Nomor BPJS

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kasus lupanya nomor BPJS ketika kartunya pun hilang, yakni sebagai berikut ini:

1. Menggunakan Layanan Website Resmi BPJS

Kamu bisa mengandalkan layanan yang ada pada website resmi BPJS dan melakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengetahui nomor keanggotaan BPJS kamu:

BACA JUGA  Cara Daftar Ulang BPJS Kesehatan Untuk yang Status PBInya Dicabut

Terlebih dahulu, kamu kunjungi website resmi BPJS dan masukkan nomor BPJS anggota keluarga kamu yang masih ada dan aktif.

Lalu masukkan tanggal lahir kamu beserta angka validasi dan pilih cek.

Jika data tersebut benar, maka kamu akan melihat data seluruh anggota keluarga yang menjadi peserta BPJS.

Kamu bisa langsung mencatat nomor keanggotaan BPJS kamu untuk melakukan pembayaran iuran dan melakukan pengajuan kartu BPJS baru setelahnya.

2. Menggunakan Layanan Call Center BPJS di Facebook

Selain menggunaakan layanan website resmi BPJS, kamu juga bisa mengandalkan akun layanan call center BPJS yang ada di Facebook dan lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Cari akun BPJS Kesehatan pada kolom pencarian akun Facebook kamu.
  • Temukan fanspage resmi BPJS Kesehatan yang bercentang biru dan kirim pesan pada laman tersebut yang berisikan bahwa kamu membutuhkan nomor BPJS karena kartu kamu hilang.
  • Tunggu hingga Customer Service membalas pesan kamu dan meminta NIK serta Nomor KK kamu.
  • Setelah kamu membalas dan mengirimkan NIK serta Nomor KK kamu, Customer Service tersebut akan menghubungi dan memberikan informasi mengenai nomor BPJS kamu yang hilang.

Demikianlah cara atau solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah mengenai lupanya nomor BPJS kamu. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang sedang membutuhkannya.