Solusi Sakit Maag Untuk Anda Penikmat Kopi

Solusi Sakit Maag Untuk Anda Penikmat Kopi – Kopi merupakan salah satu minuman yang paling disukai dan sering digunakan untuk sekedar menghilangkan kantuk. Bahkan ada beberapa orang yang dalam sehari bisa meminum kopi lebih dari 5 gelas. Baik itu kopi yang berasal dari racikan barista ataupun kopi dalam bentuk sachetan. Berbicara mengenai kopi, negara Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Akan tetapi, tingkat konsumsi kopi di negara indonesia masih kalah jauh. Jika dibandingkan dengan negara lainnya di dunia. Padahal didalam kopi terdapat antioksidan, senyawa antioksidan ini sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Terhadap penyakit-penyakit seperti kanker, asam urat serta senyawa antioksidan ini yang dapat menghambat proses penuaan dini didalam tubuh kita.

Selain memiliki senyawa antioksidan, didalam kopi juga terdapat senyawa kafein. Dimana apabila kita mengkonsumsi kafein ini melebihi ambang batas yang diperbolehkan. Bisa mengakibatkan asam lambung dalam tubuh kita naik dan pada akhirnya timbulah penyakit maag. Tentu jika sudah terkena penyakit maag, kita tidak akan bisa menikmati hari dengan leluasa. Oleh sebab itu, jika anda adalah peminum kopi aktif, pilihlah kopi yang memang benar mengandung kadar kafein yang rendah.

Dikabupaten kuningan, jawa barat juga terdapat kopi khas yang ditanam disekitaran gunung ciremai. Gunung ciremai sendiri merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada dijawa barat. Untuk anda yang ingin menikmati kopi khas kabupaten kuningan, bisa mendatangi salah satu cafe di wilayah palutungan. Disana anda bisa dengan mudah menikmati dan menemukan kopi khas kuningan yang baru saja dipetik dari pohonnya.

Awalnya, kopi dikabupaten kuningan merupakan salah satu minuman yang langka. Langka disini dalam artian jika masih belum banyak orang yang menikmati kopi yang diracik secara benar. Karena memang kebanyakan orang disini masih mengkonsumsi kopi dalam bentuk sachetan. Barulah dalam beberapa tahun belakangan ini, marak yang mengkonsumsi kopi khas kabupaten kuningan.

Kopi khas kabupaten kuningan yang diberi nama Waja Kopi, kini sudah bisa ditemukan diberbagai lokasi. Baik itu cafe ataupun kedai kopi yang ada dikuningan. Bahkan penyebaran kopi khas kabupaten kuningan ini bisa dibilang berjalan cukup pesat terbantu dengan adanya marketplace.

Anda yang suka mengkonsumsi atau meminum kopi. Jangan dibiasakan meminum kopi dipagi hari ketika anda belum sarapan sama sekali. Karena justru dengan meminum kopi sebelum sarapan, bisa membuat asam lambung anda naik yang akan mengakibatkan penyakit maag. Maka dari itu, selalu sediakan obat solusi sakit maag dari Promag.

Salah satu obat solusi sakit maag yang sudah teruji sejak puluhan tahun yang lalu untuk mengatasi penyakit maag. Terlebih lagi saat ini, promag ahlinya lambung hadir dengan beberapa produk andalannya. Yakni produk promag tablet, cair, fruity, gazero dan promag double action.

Gambar 1. Produk dari Promag

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai cerita dibalik barista bersama promag dalam event kemarin 1 oktober 2018. Berikut adalah beberapa ciri-ciri anda terkena penyakit maag, yang mungkin saja selalu anda abaikan :

  • Perut kembung.
  • Mudah Kenyang.
  • Mual saat makan.
  • Sering sendawa.
  • Naiknya asam lambung.
  • Menurunnya berat badan.
  • Nyeri dibagian ulu hati yang disertai sensasi terbakar pada bagian dada.

Berbicara mengenai kopi dan hari anda yang terganggu karena asam lambung naik yang mengakibatkan penyakit maag. Kemarin, 1 Oktober 2018 saya berkesempatan hadir dalam acara Promag #NikmatiHarimu ” Cerita Dibalik Barista ” bersama Mohammad Aga. Sekedar Informasi Mohammad Aga ini merupakan juara 1 diajang Indonesia Barista Championship 2018. Aga menceritakan dirinya yang kini menjadi seorang barista profesional dan solusi Aga dalam mengatasi masalah perut mual dengan meminum promag.

Mohammad Aga sendiri awalnya mulai terjun ke dunia kopi itu sekitar tahun 2009. Dimana awalnya memang ia tidak tertarik untuk menjadi seorang barista profesional, karena memang bukan keinginannya. Terlebih lagi Aga memang bukan seorang penikmat kopi seperti kebanyakan barista lainnya yang dari awal merupakan penikmat minuman kopi yang dikenal sebagai biang masalah dari timbulnya penyakit maag.

Aga juga bahkan menceritakan jika sebelum menyuguhkan racikan kopinya kepada para pelanggannya. Tak jarang ia mencobanya terlebih dahulu bahkan sampai lebih dari 16 gelas kopi sehari. Tentu jika tidak dibarengi dengan meminum promag ( Aga sendiri lebih memilih promag cair untuk ia konsumsi ), mungkin ia akan memiliki penyakit maag. Dan sudah jelas penyakit tersebut akan membuatnya sulit untuk menikmati hari-harinya sebagai seorang barista profesional. Selain meminum promag, anda juga bisa menggunakan tanaman obat keluarga sebagai obat tradisional yang bisa anda racik sendiri.

Sebagai seorang barista, tentu Aga harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya. Terutama dalam hal pemilihan kopi yang akan ia racik. Bahkan tak jarang, Aga langsung terjun ke kebun kopi dan berbincang langsung dengan para petani untuk mendapatkan kopi yang terbaik. Selain terjung langsung ke kebun kopi, ternyata Mohammad Aga kini sudah memiliki 3 coffe shop yang semuanya berada di jakarta.

Gambar 2. Diskusi Bareng Aga dan Barista Noah Barn

Lalu bagaimana dengan solusi sakit maag dalam menikmati kopi menurut Aga ?

Kopi memang sering sekali dituding sebagai penyebab penyakit maag. Bahkan menurut penelitian WHO beberapa tahun yang lalu, penyakit maag ini sempat masuk kedalam 10 penyakit yang sering diderita oleh masyarakatnya. Termasuk di Indonesia sendiri, beberapa kota angka presentase cukup tinggi berada di kota medan lebih dari 90%. Penyakit Maag sendiri merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan khususnya lambung. Penyakit Maag terjadi ketika lapisan lendir yang melindungi lambung jumlahnya berkurang. Akibatnya asam lambung yang mencerna lapisan jaringan organ perut yang menjadi penyebab penyakit maag.

Tentu bagi Muhammad Aga yang saat ini kehidupannya selalu berdekatan dengan hal yang berbau kopi. Harus bisa mengatur kondisi tubuh atau bahkan kondisi lambung nya agar tidak mengalami sakit maag. Terlebih lagi Aga juga mengakui jika dirinya bisa meminum kopi lebih dari 16 gelas dalam sehari. Dan dalam satu percobaan meracik minuman kopi sebelum disajikan kepada pelanggannya.

Mohammad Aga membeberkan solusinya dalam mengatasi penyakit maag. Berikut adalah solusi sakit maag bagi peminum kopi menurut Mohammad Aga :

  1. Agar tidak terkena penyakit maag, jangan membiasakan minum kopi dipagi hari sebelum makan pagi. Karena hal tersebut justru akan memancing asam lambung naik karena adanya kandungan kafein didalam kopi.
  2. Minumlah kopi yang memiliki kadar kafein rendah, dan tentunya dengan porsi yang disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Jangan meminum kopi diatas jam 8 malam, karena justru efek dari kafein dalam kopi akan mengakibatkan jantung berdebar kencang. Yang efeknya akan membuat anda sulit untuk tidur.

Selain ketiga solusi sakit maag untuk anda penikmat kopi diatas. Ada beberapa hal yang harus anda hindari agar tidak sakit maag, diantaranya adalah :

  • Solusi sakit maag untuk anda yang suka merokok ialah dengan cara sesegera mungkin berhenti merokok.
  • Yang kedua ialah dengan cara merubah pola makan anda, karena dengan pola makan yang sehat dan terjaga. Merupakan solusi sakit maag yang bisa anda terapkan jika tidak ingin terserang penyakit tersebut.
  • Hindari meminum obat pereda nyeri tanpa pengawasan dokter atau yang ahli dibidangnya.

Dalam acara kemarin, Aga juga banyak mendapat pertanyaan dari rekan-rekan penikmat kopi dan blogger yang hadir. Terkait dengan aktifitasnya yang sering meminum kopi. Dan solusinya agar tidak terkena penyakit maag. Mohammad Aga selalu memberikan jawaban dengan ringkas dan dapat dimengerti. Dikesempatan yang lain, Mohammad Aga menantang salah satu audience untuk meminum kopi racikannya.

Gambar 3. Jeaneta Janet Audience yang akhirnya berani minum kopi

Karena memang sebelumnya, audience tersebut bertanya dan ternyata ia takut meminum kopi karena pernah langsung sakit maag. Dan terbukti setelah ditantang Aga dan audience tersebut meminum kopi buatan Aga. Justru perutnya tidak mual ataupun terkena gejala maag. Hal tersebut dikarenakan kopi buatan aga mengandung sedikit kafein sehingga kadar asamnya tidak terlalu tinggi.

Intinya, kopi dapat anda dinikmati tanpa harus mengorbankan lambung. Jika memang kopi yang kita minum memiliki kadar kafein atau asam yang rendah. Yang tidak menimbulkan nyeri atau perih pada lambung. Solusi sakit maag terbaiknya dengan meminum produk dari promag. Dimana prouduk promag ini sudah terbukti khasiatnya sejak puluhan tahun yang lalu. Selamat menikmati harimu dengan secangkir kopi tanpa harus memikirkan akan terkena sakit maag.