Solusi Untuk Mencegah Pergaulan Bebas | Pinjaman online kuningan info

Solusi Untuk Mencegah Pergaulan Bebas

KNGInfo.com – Seiring perkembangan zaman yang semakin maju setiap harinya, membuat kita harus pandai – pandai dalam membatasi diri. Jangan sampai kita terjerumus dalam pergaulan bebas karena terlena dengan hal – hal yang tidak baik. Untuk mencegah jatuhnya kita dalam pergaulan bebas, ada beberapa solusi yang bisa kamu terapkan. Berikut ulasan selengkapnya

Apa Itu Pergaulan Bebas?

Pergaulan bebas merupakan tindakan atau cara dalam bergaul yang menyimpang dari nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Adapun tindakan yang dapat kita sebut sebagai dampak dari pergaulan bebas adalah seks bebas, mengkonsumsi narkoba, mabuk alkohol dan hal menyimpang lainnya.

Biasanya kalangan remajalah yang sangat rentan terjerumus kedalam pergaulan bebas. Karena pada dasarnya memasuki usia remaja anak akan mulai mencari jati dirinya dan mencoba hal baru. Dengan  perkembangan zaman yang serba teknologi canggih saat ini pun membuat para remaja semakin bebas dalam mengakses informasi yang mungkin saja bisa menyesatkan mereka. Bahkan tidak sedikit media sosial yang berisikan konten tak mendidik dan menjadi contoh bagi remaja.

Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas

Selain media sosial yang bisa menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas, beberapa hal berikut juga dapat melatarbelakangi pergaulan bebas, yakni:

  1. Kurangnya Kontrol Dari Keluarga

Seorang remaja akan merasa bebas dalam melakukan apa saja terlebih yang mereka anggap benar jika tidak adanya kontrol dari keluarga. Sebagian remaja yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua akan mencari sesuatu yang bisa membuat mereka bahagia dan tak jarang berakhir dengan pergaulan bebas.

  1. Lingkungan Pertemanan Yang Tidak Baik

Selain lingkungan keluarga, lingkungan dalam pertemanan  juga dapat mempengaruhi seseorang untuk mencoba dan melakukan hal – hal yang sebenarnya dapat merugikan diri sendiri.

BACA JUGA  Pentingnya Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19
  1. Akses Informasi

Seperti yang telah kita bahas diatas, dengan teknologi yang canggih kita menjadi mudah dalam mengakses informasi yang bisa saja mendorong kita untuk mencoba dan akhirnya terjadilah pergaulan bebas.

Solusi Mencegah Pergaulan Bebas

Untuk menghindari pergaulan bebas ada baiknya kita mencegahnya terlebih dahulu, yakni dengan beberapa cara berikut.

  • Perkuat Agama, dengan memegang agama dengan teguh dan kuat tentunya tidak akan mudah untuk mencoba hal – hal negatif. Yang akhirnya menjerumuskan kita ke dalam pergaulan bebas.
  • Pererat Hubungan Anak dan Orang Tua, dengan adanya pengawasan dari orang tua tentu akan lebih meminimalisir anak masuk ke dalam pergaulan bebas. Karena tentunya anak akan lebih mudah bertanya dan berdiskusi mengenai hal – hal yang mereka tidak tahu. Misalnya mengenai seks yang masih sensitif dan tabu
  • Mengisi Waktu Luang Dengan Hal Positif, untuk mencegah terjadinya pergaulan bebas maka kita harus mengisi waktu luang dengan hal yang positif sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan hal – hal yang menyimpang.
  • Batasi Pergaulan, untuk mencegah pergaulan bebas ada baiknya kita membatasi pergaulan dan cukup berteman dengan mereka yang dapat memberikan pengaruh positif.
  • Batasi Waktu Di Luar Rumah, kamu juga bisa membatasi waktu di luar rumah. Guna menutup kemungkinan bertemu dengan orang – orang yang bisa memberi pengaruh negatif dan akhirnya berujung dengan pergaulan bebas.

Itulah solusi untuk mencegah pergaulan bebas yang bisa kita lakukan. Semoga dengan ini bisa menambah informasi untuk kita semua. Dan semoga kita beserta keluarga juga bisa terhindar dari pergaulan bebas yang hanya merugikan diri dan orang terdekat.