Sudah Transparankah Dana Desa Diwilayah Anda ?

KNGInfo.com – Dana Desa merupakan salah satu program yang baru beberapa tahun dijalankan. Dimana nantinya Dana Desa ini akan digunakan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Yang ditujukkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan.

Untuk pelaksanaan kegiatan yang dibiayai oleh Dana Desa diutamakan dilakukan secara swakelola. Dengan menggunakan sumber daya atau bahan baku lokal serta diusahakan untuk menyerap tenaga kerja dari masyarakat Desa setempat.

Selain hal itu, penggunaan Dana Desa sendiri boleh diluar dari prioritas penggunaan Dana Desa. Yang terpenting prosesnya sudah mendapat persetujuan dari Bupati/Walikota. Dengan terlebih dahulu memastikan jika prioritas dari penggunaan Dana Desa sudah terpenuhi.

Namun apakah pengelolaan Dana Desa ditempat baraya sudah transparan ? Berikut adalah ciri-ciri Dana Desa tidak efektif dan transparan :

  1. Tidak ada papan proyek.
  2. Laporan Realisasi sama persis dengan RAB.
  3. Lembaga Desa Pengurusnya Keluarga Kades Semua.
  4. BPD mati kiri alias Pasif alias Makan Gaji Buta.
  5. Kepala Desa pegang semua uang, Bendahara hanya berfungsi di Bank saja.
  6. Perangkat Desa yang Jujur dan Vokal biasanya terpinggirkan.
  7. Banyak kegiatan yang terlambat pelaksanaannya dari jadwal, padahal anggarannya sudah ada.
  8. Musyawarah Desa pesertanya sedikit, Muka yang hadir hanya orang yang itu-itu saja dari tahun ke tahun. Yang kritis biasanya tidak diundang untuk mengikuti Musyawarah Desa.
  9. BUMDES tidak berkembang.
  10. Belanja Barang atau Jasa dimonopoli Kepala Desa.
  11. Tidak ada sosialisasi terkait kegiatan yang sedang berjalan kepada Masyarakat.
  12. PEMDES marah ketika ada yang menanyakan perihal Anggaran Kegiatan dan Anggaran Desa.
  13. Kepala Desa ataupun Perangkat Desa hanya dalam waktu yang singkat mampu membeli kendaraan. Ataupun membangun rumah yang mewah. Padahal sumper pendapatan tidak sepadan dengan apa yang terlihat sebagai pendapatannya.

Itulah beberapa ciri-ciri Anggaran Dana Desa tidak efektif ataupun tidak transparan. Untuk baraya yang ingin mengetahui rincian Dana Desa secara pasti bisa menanyakannya langsung ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan. Yang beralamat di Jl. Perjuangan No. 62 Kuningan 45551 atau menghubungi ke 0232-871502.