Sudahkah Anda Registrasi Kartu Prabayar Sesuai Ketentuan ?

KNGInfo.com – Wargi kuningan yang menggunakan kartu prabayar harus kembali melakukan registrasi. Hal tersebut sesuai dengan peraturan menteri komunikasi dan informatika Nomor 12 Tahun 2016. Dan perubahannya, pemerintah mulai 31 oktober 2017 ini akan berlakukan peraturan registrasi kartu prabayar dengan validasi data dukcapil. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan untuk kriminalitas dan terorisme. Sekaligus upaya memberikan perlindungan kepada konsumen.

Lalu Bagaimana Cara Registrasinya ?

Pelanggan Baru

Seperti dilansir dari laman kompastekno, registrasi prabayar untuk pelanggan baru Indosat, XL Axiata, Telkomsel, Hutchison Tri Indonesia ( Tri ) dan smartfreen bisa dilakukan dengan mengirim ke 4444. Akan tetapi ada sedikit perbedaan format dalam pengirimannya.

Bagi pengguna baru tri, smartfreen dan indosat pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim sms dengan format : (16 Digit NIK)#(16 Digit No KK). Untuk pelanggan baru XL Axiata harus mengirim sms ke 4444 dengan format : DAFTAR#(16 Digit NIK)#(16 Digit No KK). Sedangkan untuk pelanggan baru Telkomsel cukup mengirim sms ke 4444 dengan format : REG#(16 Digit NIK)#(16 Digit No KK).

Pelanggan Lama

Khusus untuk pengguna lama, baik itu yang menggunakan provider Telkomsel, XL Axiata, Smartfreen, Indosat, Tri bisa mendaftar ulang melalui sms ke 4444 dengan format : ULANG#(16 Digit NIK)#(16 Digit No KK).

Semua pelanggan baru ataupun lama wajib melakukan registrasi NIK dan No KK mulai tanggal 31 oktober 2017. Paling telat, baik pengguna lama ataupun baru melakukan registrasi sampai dengan 28 februari 2018 mendatang. Apabila tidak melakukan registrasi baru dan ulang, maka siap-siap no telepon anda akan di blokir dan tidak bisa digunakan kembali.

Selain dengan metode sms, calon pengguna juga bisa mendaftarkan diri melalui gerai, situs atau aplikasi milik dari provider masing-masing.

Bagaimana Jika Belum Memiliki KTP Elektronik ?

Jika belum memiliki ktp elektronik, registrasi ulang masih bisa anda lakukan dengan mendaftarkan nomor kartu keluarga anda. Nantinya akan ada tahapan sehingga jika E-KTPnya belum ada itu tidak akan menjadi suatu masalah. Karena yang terpenting memiliki NIK yang tercantum di Nomor Kartu Keluarga.

Untuk Turis Atau Warga Negara Asing Apakah Tetap Melakukan Registrasi ?

Untuk turis atau warga negara asing akan tetap melakukan registrasi, nantinya akan ada gerai-gerai milik provider di setiap bandara. Berbeda dengan warga negara indonesia, untuk turis hanya akan diminta memasukan no paspor, visa, kitap ataupun kitas.

Untuk lebih baiknya lagi, turis bisa mendatangi langsung kantor provider untuk melakukan proses registrasi tersebut.