Surga Wisata Kuningan Ada Di Balik Gunung Ciremai

KNGInfo.com – Belum berkunjung ke kuninga jawa barat, jika anda tidak mampir dan menikmati wisata di sekitar gunung ciremai. Karena disinilah surga wisata kabupaten kuningan tersembunyi, banyak tempat wisata yang memang sedang menjadi incaran para pelancong.

Dimana di kaki gunung ciremai inilah banyak terdapat air terjun, dan bumi perkemahan yang bersanding apik. Belum lagi keindahan perbukitan serta tebing-tebing bebatuan cantik, desa wisata yang ramah hingga beberapa hewan endemik jadi aset yang sangat berharga yang ada dikawasan taman nasional gunung ciremai.

Jika anda berkunjung ke kecamatan cigugur, jangan sampai melewatkan beberapa tempat wisata yang ada didaerah tersebut. Mulai dari curug putri, curug landung, jurang landung, bumi perkemahan ipukan. Tenjo laut, taman cisantana dan wisata lainnya yang terdapat disekitaran palutungan cigugur jawa barat.

Sedangkan jika anda melewati daerah kecamatan pasawahan, anda juga akan banyak menemukan deretan objek wisata yang tak kalah mempesona. Mulai dari cipaniis singkup, desa wisata cibuntu, batu luhur, bukit 1000 bintang hingga kebun raya kuningan. Yang baru akan dibuka sekitar awal tahun 2018 mendatang.

Soal harga tiket masuk anda juga tidak perlu khawatir, karena mayoritas objek wisata yang ada dikawasan kabupaten kuningan cukup terjangkau. HTMnya sendiri berkisar antara Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 20.000,- kecuali bukit 1000 bintang. Untuk bisa menikmati keindahan alam disekitar bukit 1000 bintang ini, anda harus menggunakan paket wisata yang sudah disediakan dengan harga Rp. 350.000,-.

Dimana nantinya dalam satu trip, anda akan menikmati dua hari satu malam. Anda juga bisa mencoba berbagai wisata alam yang berbeda-beda. Seperti diwilayah kecamatan cigugur anda bisa berenang dibalong cigugur bersama dengan ikan endemik di kuningan. Setelah itu anda juga bisa menikmati keindahan taman cisantana, malamnya menginap di bumi perkemahan ipukan. Pagi hari setelah itu menikmati sunrise di palutungan dan menyegarkan diri di curug putri sebelum kembali pulang.

Gugusan ” surga wisata ” ini masuk ke dalam kawasan konservasi taman nasional gunung ciremai. Dengan luas yang mencapai 15.500 hektar atau 115 km persegi. Dimana lebih dari 89 km persegi termasuk kedalam wilayah kabupaten kuningan dan sisanya termasuk kedalam wilayah kabupaten majalengka.

Sumber : travel.kompas.com