Syarat Dalam Pembuatan Paspor

KNGInfo.com – Paspor merupakan salah satu kartu atau berkas yang sangat penting ketika kita akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor sendiri merupakan dokumen yang harus kita bawa apabila kita akan ke luar negeri. Sebelumnya tentu kita harus mengurus pembuatannya terlebih dahulu ke kantor imigrasi terdekat dikota kita.

Paspor sendiri terdiri dari dua jenis :

  • Paspor hijau : paspor hijau sendiri diperuntukkan untuk masyarakat umum.
  • Paspor biru : paspor biru sendiri biasanya diperuntukkan untuk pejabat negara atau pemerintahan yang akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Masa berlaku paspor hampir sama dengan dokumen kependudukan lainnya, yakni berlaku selama 5 tahun. Untuk memperpanjangnya sendiri kita diharuskan untuk memperpanjang 6 bulan sebelum masa berlaku dari paspor tersebut habis.

Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika akan membuat paspor ke kantor imigrasi di sekitar tempat tinggal anda :

  1. Anda harus mendatangi kantor imigrasi yang ada di kabupaten atau kota tempat tinggal anda.
  2. Setelah sampai di kantor imigrasi, anda diharuskan untuk membeli formulir permohonan pembuatan paspor yang tersedia di bagian loket permohonan paspor dikantor imigrasi tersebut.
  3. Isi dengan selengkap-lengkapnya formulir permohonan paspor tersebut dan apabila ada yang tidak anda pahami sebaiknya menanyakan langsung kepada petugas kantor imigrasi. Agar tidak terjadi kesalahan pada saat pengisian formulir tersebut.
  4. Formulir yang sudah diisi lengkap oleh anda, diserahkan kepada petugas diloket pendaftaran untuk pembuatan paspor baru anda.
  5. Jika formulir tersebut sudah lengkap, anda akan mendapatkan bukti tanda terima serta jadwal untuk pengambilan sidik jari dan foto untuk paspor anda. Untuk proses foto tersebut bisa dilakukan hari itu juga ataupun bisa dihari lain.
  6. Setelah proses pengambilan sidik jari dan juga foto, akan ada proses wawancara. Dimana proses wawancara ini bertujuan untuk mencocokkan data yang sebelumnya sudah anda isi didalam formulir permohonan pembuatan paspor.
  7. Setelah proses ini selesai, anda akan diminta untuk melakukan pembayaran pembuatan paspor anda.
  8. Setelah proses pembuatan paspor tersebut selesai, anda akan melakukan penandatanganan paspor tersebut dan akan diberitahukan kapan paspor tersebut selesai dibuat dan bisa anda ambil.
  9. Silahkan datang kembali ke kantor imigrasi sesuai informasi yang sudah anda dapatkan untuk pengambilan paspor tersebut.

Lalu dokumen apa saja yang harus dibawa ketika mendatangi kantor imigrasi ?

Anda hanya perlu membawa Kartu tanda penduduk, Kartu Keluarga dan juga Akta kelahiran selain membawa yang asli diharapkan anda juga membawanya dalam bentuk fotocopyan.

Biaya Pembuatan Paspor :

Paspor Biasa

  • 24 halaman Rp. 100.000,-
  • 48 halaman Rp. 300.000,-

Itulah beberapa langkah dalam hal pembuatan paspor terbaru pada tahun 2017. Semoga saja dapat membantu anda yang akan membuat paspor untuk tujuan bepergian ke luar negeri. Karena walau bagaimanapun paspor merupakan dokumen yang sangat penting dan harus dibawa ketika akan keluar negeri.

Untuk anda warga kuningan, apabila akan mengurus perihal pembuatan paspor harus datang langsung ke kantor imigrasi yang ada di cirebon.

Alamat Kantor Imigrasi Cirebon :

Jl. Sultan Ageng Tirtayasa No. 51 RT 03 RW 04

Kedungdawa, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat. 45153

No Telepon : (0231) 488282