Syarat dan Cara Daftar Program Rehab BPJS Kesehatan

  • admin
  • Agu 04, 2022
Syarat dan Cara Daftar Program Rehab BPJS Kesehatan

KNGInfo.comSyarat dan Cara Daftar Program Rehab BPJS Kesehatan. Bagi peserta BPJS Kesehatan yang memiliki tunggakan hingga tak bisa menggunakan manfaat dari kepesertaannya maka bisa mencoba untuk ikut daftar dalam program Rehab BPJS Kesehatan. Program tersebut buat BPJS Kesehatan untuk membantu peserta yang ingin mendapatkan keringanan dan kemudahan dalam melunasi tunggakan iuran dengan cara pembayaran secara bertahap. Namun untuk bisa mengikuti program Rehab, peserta perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Keuntungan Mengikuti Program Rehab BPJS Kesehatan

Program Rehab atau Rencana Pembayaran Bertahap milik BPJS Kesehatan memiliki tujuan untuk meringankan dan memudahkan peserta dalam melunasi tunggakan iurannya. Seperti yang kita tahu bahwa untuk bisa menggunakan manfaat BPJS Kesehatan. Peserta harus membayar iuran perbulannya secara rutin karena apabila ada tunggakan maka peserta tidak bisa menggunakan manfaat BPJS Kesehatan.

Dengan program Rehab ini, peserta JKN-KIS khususnya peserta segmen PPU atau Pekerja Bukan Penerima Upah dan BP atau Peserta Bukan Pekerja yang memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan bisa membayar secara bertahap atau menyicil. Maksimal periode pembayaran hanya dapat dilakukan selama 12 tahapan dan apabila tunggakan sudah lunas maka kepesertaannya bisa diaktifkan kembali sehingga peserta bisa menggunakan manfaat BPJS Kesehatan seperti biasanya. Bahkan pada program Rehab ini peserta tak perlu mendaftarkan untuk setiap anggota keluarga karena program ini sudah memperhitungkan tunggakan satu keluarga.

Syarat Daftar Program Rehab BPJS Kesehatan

Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar bisa mengikuti program Rehab BPJS Kesehatan ini, diantaranya adalah:

  • Merupakan peserta PPU/Mandiri dan BP.
  • Memiliki tunggakan iuran dengan minimal 3 bulan dan maksimal 24 bulan.
  • Memiliki aplikasi Mobile JKN atau bisa juga menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165.

Cara Daftar Program Rehab BPJS Kesehatan

Apabila semua syarat sudah terpenuhi maka selanjutnya kamu bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN seperti berikut ini:

  • Buka aplikasi Mobile JKN lalu masuk ke akun kamu.
  • Selanjutnya tap menu “Rencana Pembayaran Bertahap”.
  • Setelah itu kamu bisa melihat informasi mengenai program Rehab beserta total tunggakan kamu. Pastikan kamu membacanya dengan teliti dan memahami syarat serta ketentuan yang ada sebelum lanjut ke langkah berikutnya.
  • Pada langkah selanjutnya kamu bisa melihat tampilan simulasi tagihan yang bisa kamu pilih.
  • Setelah berhasil melakukan pendaftaran program Rehab ini, maka kamu bisa membayar cicilan iuran sesuai dengan ketentuan simulasi pembayaran yang telah kamu pilih sebelumnya.
  • Apabila semua tunggakan iuran sudah lunas terbayarkan maka kepesertaan BPJS Kesehatan kamu akan diaktifin kembali dan kamu bisa menggunakan manfaat BPJS Kesehatan seperti sedia kala.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai syarat dan cara daftar program Rehab BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.

BACA JUGA  Syarat dan Cara Mendapatkan Pembiayaan Rumah dari BPJS Ketenagakerjaan
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.