Syarat dan Cara Menonaktifkan NPWP secara Online

  • 2 min read
  • Agu 20, 2021
Syarat dan Cara Menonaktifkan NPWP secara Online

KNGInfo.com – Ada beberapa faktor yang menyebabkan Wajib Pajak tertentu untuk menonaktifkan NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak, khususnya yang tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif ataupun objektif sesuai dengan perundang – undangan perpajakan. Dan postingan kali ini akan membahas syarat dan cara menonaktifkan NPWP yang sudah bisa kita lakukan secara online. Berikut ulasan selengkapnya.

Menonaktifkan NPWP secara Online

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan kepada Wajib Pajak dalam administrasi perpajakan sebagai identitas Wajib Pajak untuk melaksanakan hak dan kewajibannya. Dan Wajib Pajak sendiri merupakan orang pribadi atau badan yang meliputi pembayar pajak, pemungut pajak dan pemotong pajak yang memiliki hak dan kewajiban dalam perpajakan sesuai dengan peraturan perundang – undangan perpajakan.

Jika Wajib Pajak sudah tidak lagi memenuhi persyaratan. Maka penghapusan NPWP boleh dilakukan dan ini masuk dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak PER-20/PI/2013 Pasal 9 Ayat 1. Dan kamu yang ingin menonaktifkan NPWP pun tak perlu lagi mendatangi Kantor Pajak sebab permohonan penghapusan NPWP sudah bisa kita lakukan secara online hanya dari rumah masing – masing.

Syarat Menonaktifkan NPWP secara Online

Sebelum menonaktifkan NPWP secara online, maka kamu juga perlu mempersiapkan sejumlah dokumen sebagai syaratnya, antara lain adalah:

1. Wajib Pajak Orang Pribadi yang Telah Meninggal Dunia

Untuk situasi tersebut, maka perlu mempersiapkan surat keterangan kematian atau dokumen sejenis dan surat pernyataan bahwa tidak memiliki warisan atau surat pernyataan bahwa warisannya sudah terbagi dengan menyebutkan ahli waris.

2. Wajib Pajak yang Meninggalkan Indonesia

Untuk situasi tersebut maka perlu mempersiapkan dokumen yang menyatakan bahwa Wajib Pajak tersebut telah meninggalkan Indonesia selamanya.

3. Wajib Pajak yang Sudah Tidak Memiliki Kewajiban

Untuk situasi tersebut maka perlu mempersiapkan dokumen yang berisikan hal menyatakan bahwa Wajib Pajak tersebut sudah tidak ada lagu kewajiban sebagai bendahara ataupun bendahara pemerintah.

4. Pemilik NPWP Ganda

Untuk situasi tersebut maka perlu mempersiapkan surat pernyataan bahwa kepemilikan NPWP ganda dan fotokopi semua kartu NPWP yang ada.

Cara Menonaktifkan NPWP secara Online

Adapun cara untuk menonaktifkan NPWP secara online bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini:

  • Masuk ke laman resmi Dirjen Pajak di pajak.go.id dan isi formulir penghapusan NPWP melalui aplikasi e-Registration.
  • Setelah itu, kirimkan dokumen syarat yang telah kamu persiapkan sebelumnya ke KPP atau Kantor Pelayanan Pajak tempat tinggal atau tempat kegiatan usaha wajib pajak.
  • Kamu bisa mengirim dokumen dalam bentuk salinan atau softcopy melalui aplikasi e-Registration atau menggunakan surat pengiriman dokumen yang telah tandatangani.
  • Apabila semua dokumen yang diterima sudah lengkap maka KPP akan menerbitkan bukti penerimaan surat elektronik.
  • Dan khusus Wajib Pajak orang pribadi yang meninggal dunia maka permohonan penghapusan bisa ahli waris yang mengajukan, pelaksana wasiat ataupun yang mengurus harta warisan.

Demikinalah ulasan mengenai syarat dan cara menonaktifkan NPWP secara online. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mencari informasi ini.

BACA JUGA  19.500 Alumni Prakerja Dapat Bantuan Hingga 10 Juta, Ini Syaratnya
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *