Syarat Dan Cara Pembuatan KIA Online | Pinjaman online kuningan info

Syarat Dan Cara Pembuatan KIA Online

KNGInfo.com – Bagi orang tua yang memiliki anak dengan usia di bawah 17 tahun, wajib mengurus KIA atau Kartu Identitas Anak. Dan kini sudah ada pelayanan untuk pengurusan Kartu Identitas Anak secara daring atau online, sehingga bagi yang ingin mengurusnya tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil. Dan berikut ulasan mengenai persyaratan dan cara dalam pembuatan KIA online. Simak selengkapnya.

Kartu Identitas Anak

KIA atau Kartu Identitas Anak adalah sebuah kartu identitas resmi untuk anak berusia 17 tahun kebawah dan belum menikah. KIA pun terbagi menjadi dua macam, yakni untuk anak dalam usia 0 hingga 5 tahun yang tidak disertai pas foto dan untuk anak dalam usia 5 hingga 17 tahun yang telah disertai foto.

Melalui KIA, pemerintah memiliki tujuan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan serta pelayanan publik dalam mewujudkan hak yang terbaik bagi anak. Secara umum, KIA merupakan kartu identitas diri yang sama seperti KTP, hanya saja untuk KIA belum sertai dengan chip elektronik.

Persyaratan Dalam Pembuatan KIA

Dalam pembuatan KIA, ada beberapa persyaratan yang wajib untuk kita penuhi. Dan persyaratan tersebut terbagi menjadi dua yakni untuk WNI atau Warga Negara Indonesia dan WNA atau Warga Negara Asing. Adapun persyaratan untuk keduanya adalah:

  1. Untuk Warga Negara Indonesia
    • Pertama, Memiliki dan mampu menunjukkan akta kelahiran anak baik fotokopi maupun aslinya.
    • Kedua, Memiliki dan mampu menunjukkan Kartu Keluarga asli orang tua anak.
    • Ketiga, Memiliki dan mampu menunjukkan KTP asli kedua orang tua.
    • Keempat, Melampirkan pas foto anak ukuran 2×3 dan berwarna sebanyak dua lembar bagi anak berusia 5 hingga 17 tahun.
  2. Untuk Warga Negara Asing
    • Pertama, Memiliki dan mampu menunjukkan Paspor dan izin tetap tinggal baik fotokopi maupun aslinya.
    • Kedua, Memiliki dan mampu menunjukkan Kartu Keluarga asli orang tua anak.
    • Ketiga, Memiliki dan mampu menunjukkan KTP asli kedua orang tua.
BACA JUGA  Beli Tiket Bus Damri Melalui Aplikasi Damri

Cara Pendaftaran KIA Online

Jika sebelumnya untuk melakukan pendaftaran, pemohon harus mendatangi langsung Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dukcapil serta membawa persyaratan. Kini bisa menggunakan layanan berbasis online, sehingga tak perlu repot lagi datang ke Kantor Disdukcapil.

Cara pendaftarannya pun sangat mudah yakni melalui laman dkpsppu.ddns.net. Pemohon hanya perlu melakukan pengisian data anak yang sesuai dengan Kartu Keluarga terbaru beserta NIK dan nomor akta kelahiran. Pastikan juga untuk tidak lupa menyertakan nomor ponsel yang dapat kamu hubungi agar saat KIA telah selesai cetak, pihak Disdukcapil bisa menghubungi dengan segera.

Itulah persyaratan dan cara pembuatan KIA online. Semoga info ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.