Syarat Dan Cara Pembuatan NPWP

KNGInfo.com – Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya apabila kita taat dalam membayar pajak. Baik itu pajak bumi dan bangunan ataupun pajak penghasilan yang kita dapatkan. Akan tetapi untuk itu kita diharuskan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ). Dimana nantinya NPWP ini akan diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. Sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam hal pelaksanaan dan kewajiban dalam urusan perpajakan.

Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) sendiri wajib dimiliki oleh warga negara indonesia. Baik sifatnya untuk perorangan ataupun untuk badan usaha. Karena NPWP ini dijadikan sebagai acuan atau sarana administrasi perpajakan dan menjadi persyaratan dalam sejumlah pelayanan umum. Seperti contohnya dalam pembuatan paspor, pengajuan kredit dan hal lainnya.

Didalam artikel ini, saya akan membahas mengenai npwp untuk pribadi atau perorangan. Dimana npwp ini bentuknya seperti kartu tanda penduduk yang wajib dimiliki seseorang apabila telah memenuhi syarat. Dalam hal ini syarat sebagai wajib pajak.

Berikut adalah syarat yang harus dilengkapi untuk membuat NPWP pribadi

Foto : www.malesnulis.com

Syarat seseorang dinyatakan sebagai wajib pajak adalah apabila telah mempunyai penghasilan dalam satu tahun yang melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak ( PTKP ).

Hal ini berlaku bagi anda yang akan mengajukan NPWP pribadi, baik yang sudah berkeluarga ataupun belum berkeluarga. Namun bagi wanita yang tidak melakukan perjanjian pisah harta dan juga pisah penghasilan dengan suaminya tidak diwajibkan memiliki NPWP.

Jika penghasilan anda dalam setahun lebih dari batas maksimal PTKP di indonesia yakni sebesar Rp. 15.840.000,- atau Rp. 1.320.000,- per bulan anda sudah memenuhi sebagai wajib pajak dan wajib memiliki NPWP.

Dokumen yang harus dipersiapkan :

Untuk wajib pajak pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas 

  • Fotokopi KTP untuk warga negara indonesia.
  • Fotokopi Paspor, Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas ( KITAS ) atau Kartu Izin Tinggal Tetap ( KITAP ) untuk warga negara asing.

Wajib Pajak yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

  • Fotokopi KTP untuk warga negara indonesia.
  • Fotokopi paspor, Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas ( KITAS ) atau Kartu Izin Tinggal Tetap ( KITAP ) untuk warga negara asing.
  • Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan instansi berwenang didaerah masing-masing atau pekerjaan bebas dari Pemda, minimal setingkat lurah atau kepala desa.
  • Surat pernyataan diatas materai bahwa wajib pajak benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.

Wajib Pajak Pribadi Wanita kawin yang ingin hak dan kewajiban pajaknya terpisah

  • Fotokopi kartu NPWP suami.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan juga harta ataupun surat pernyataan mengkhendaki hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak perpajakan suami.

Cara Pembuatan NPWP Pribadi Secara OFFLINE

1. Mendatangi Kantor Pelayanan Pajak ( KPP )

Cara pertama ini menurut saya adalah cara yang paling mudah. Anda hanya tinggal mendatangi kantor pelayanan pajak di daerah masing-masing. Untuk kuningan sendiri beralamat di jalan aruji kartawinata No. 29 Kuningan. Untuk anda yang alamatnya berbeda dengan alamat ktp, harus meminta surat domisili atau surat keterangan tempat tinggal dari kelurahan.

Setelah semua persyaratan lengkap, anda tinggal mengisi formulir pendaftaran wajib pajak. Diisi dengan benar dan lengkap kemudian anda tandatangani. Formulir pendaftaran akan anda peroleh dari petugas pendaftaran di kantor KPP.

Selanjutnya anda serahkan berkas tersebut ke petugas pendaftaran. Anda akan mendapatkan tanda terima pendaftaran wajib pajak yang menunjukkan bahwa anda sebagai wajib pajak. Telah melakukan pendaftaran untuk mendapatkan NPWP.

Prosesnya tidak lama, dan ingat pengajuan NPWP ini GRATIS. Kartu NPWP nya ini akan dikirimkan ke alamat anda melalui pos tercatat.

2. Melalui Jasa POS atau Ekspedisi

Cara kedua ini biasanya dilakukan apabila memang rumah anda jauh dengan kantor pelayanan pajak ( KPP ). Nantinya anda tinggal mendatangi kantor pos terdekat dan mengisi formulir pendaftaran sekaligus dengan melampirkan dokumen persyaratan yang sebelumnya sudah anda siapkan.

Alamat Kantor Pelayanan Pajak ( KPP ) Pratama Kuningan

Jl. Aruji Kartawinata No. 29 Kuningan, Kabupaten Kuningan.

No Telepon : (0232) 875120