Syarat Pembuatan Akta Kelahiran Untuk Anak Di Luar Nikah

KNGInfo.com – Mempunyai akta kelahiran merupakan syarat wajib agar nantinya anak anda diakui secara sah. Serta tercatat di dinas kependudukan catatan sipil. Selain itu dengan mempunyai akta kelahiran nantinya anak anda akan leluasa dalam mengurus berbagai hal. Yang ada sangkut pautnya dengan administrasi kependudukan.

Lalu bagaimana jika anak anda lahir di luar nikah atau nikah siri ? Tentu anda masih bisa mengajukan dan mengurus akta kelahiran untuk anak anda tersebut.

Mengingat dan merujuk kepada Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Pasal 43 Ayat 1 tentang perkawinan. Secara hukum anak yang dilahirkan diluar hubungan perkawinan hanya memiliki hubungan perdata dengan ibunya. Sedangkan dengan ayahnya, tidak dianggap mempunyai hubungan hukum. Dimana ketentuan ini juga berlaku bagi anak yang lahir dari hubungan nikah siri.

Meskipun anak yang lahir dalam nikah siri dianggap sah dan mempunyai status hukum yang jelas menurut agama islam. Tetap saja menurut hukum yang ada di indonesia anak tersebut tidak sah, karena tidak ada catatan mengenai perkawinan tersebut di KUA.

Dalam proses pengurusannya, ada sedikit perbedaan mengenai syarat yang harus dipenuhi dengan akta kelahiran perkawinan yang sah menurut hukum di indonesia. Hal tersebut telah diatur dalam Perpres Nomor 25 Tahun 2008 Pasal 52 Ayat 1 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Berkas atau persyaratan yang harus anda siapkan via solopos.com

Adapun persyaratannya sebagai berikut :

  1. Surat kelahiran dari bidan / dokter / rumah sakit atau penolong kelahiran.
  2. Nama dan identitas saksi kelahiran.
  3. KTP Ibu.
  4. KK Ibu.

Untuk prosesnya sendiri hampir sama dengan pembuatan akta kelahiran baru untuk perkawinan yang diakui hukum di indonesia. Akta kelahiran yang dikeluarkan nantinya hanya akan mencantumkan nama ibu saja tidak terdapat nama ayahnya.

Alamat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan :

Jl. RE Martadinata, Ancaran, Kuningan.

Telpon : (0232) 873969