Taman Batu Hanjuang, Destinasi Wisata Bebatuan Di Setianegara Cilimus

KNGInfo.com – Kabupaten Kuningan kembali memiliki sebuah tempat wisata alam dengan tema bebatuan. Sebelumnya sudah ada terlebih dahulu dengan nama gunung batu mayasih yang terletak di Cigugur Kuningan. Kini kembali hadir tempat wisata yang menawarkan pemandangan bebatuan. Namun kali ini tempat tersebut terletak di kuningan utara, tepatnya di sekitar Desa Setianegara, Cilimus.

Sama seperti gunung batu mayasih, taman batu hanjuang pun memiliki keindahan tersendiri. Meskipun memang taman tersebut sama-sama mengusung konsep bebatuan yang alami. Jika di gunung batu mayasih mungkin objek bebatuan dan gazebonya tidak terlalu banyak. Area kawasan taman batu hanjuang ini cukuplah luas dan tentunya memiliki beberapa spot foto yang sayang sekali jika baraya lewatkan. Ketika sedang mampir dan menikmati suasana yang ada di taman batu hanjuang.

Taman batu hanjuang yang beralamat di Desa Setianegara Kecamatan Cilimus, sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Karena, ditaman batu hanjuang ini bukan sekedar taman yang memiliki banyak sekali batuan besar. Akan tetapi, ditaman batu hanjuang ini terdapat juga fasilitas kolam renang dan gazebo untuk anda beristirahat.

kolam renang taman batu hanjuang

Sumber Foto : IG @Ulfahrohanah

Dengan ditunjang area wisata yang luas, terdapat fasilitas kolam renang, gazebo, kantin serta area parkir yang cukup luas. Nampaknya taman batu hanjuang akan menjadi primadona tempat wisata dikuningan yang wajib dikunjungi. Tidak hanya dihari libur, namun dihari-hari biasapun cukup banyak wisatawan yang datang dan menikmati keindahan alam di taman batu hanjuang ini.

Taman batu hanjuang ini dulunya merupakan bekas pertambangan batu yang dialihfungsikan sebagai obyek wisata. Yang memadukan wisata alam berupa batu-batu yang tersusun rapi secara alami yang dipadukan dengan nuansa alami disekitar lokasi taman batu hanjuang.

Fasilitas Taman Batu Hanjuang

  • Area Parkir yang cukup luas.
  • Toilet.
  • Gazebo (tempat istirahat yang cukup banyak).
  • Kolam Renang.
  • Spot foto yang kekinian.
  • Kolam Terapi Ikan.
  • Kantin.
  • Mushola.

Jam Operasional

Taman Batu Hanjuang yang terletak di Desa Setianegara Kecamatan Cilimus Kuningan ini, buka setiap hari. Untuk jam bukanya sendiri mulai buka pada jam 08.00 WIB sampai dengan jam 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk menikmati beragam fasilitas yang ada di taman batu hanjuang ini sangat terjangkau. Dimana tarif tiket masuknya sebesar Rp. 10.000,- untuk dua orang pengunjung dan 1 kendaraan roda dua. Untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000,- dan setiap anaknya dikenakan tarif Rp. 5.000,- untuk rombongan.

Jelas dengan biaya yang relatif sangat murah tersebut, taman batu hanjuang akan selalu dikunjungi wisatawan. Tidak hanya wisatawan asal kuningan, namun banyak juga wisatawan luar daerah yang sengaja datang ke taman batu hanjuang.

Perlu Diingat

Baraya wargi kuningan dan sekitarnya yang datang ke taman batu hanjuang. Tidak perlu membayar lagi ketika akan menggunakan fasilitas yang ada di taman batu hanjuang. Cukup dengan membayar tiket masuk saja, maka baraya berhak untuk menikmati semua fasilitas yang ada di taman batu hanjuang. Meskipun memang biasanya setiap tempat wisata akan meminta tarif lagi ketika kita akan menggunakan fasilitas lainnya. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku di taman batu hanjuang.

Setelah puas berwisata di taman batu hanjuang, baraya juga bisa menikmati wisata lainnya yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Dimana disekitar area tersebut, terdapat Objek Wisata Linggarjati, Ghiffary Valey, J&J Resto dan wisata lainnya dengan tarif tiket masuk yang tidak terlalu mahal.

Foto : IG @Nurfaizi_nofan