Tape Ketan, Makanan Khas Kuningan Yang Selalu Diburu Wisatawan

KNGInfo.com – Bagi warga kuningan makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Akan tetapi, bagi wisatawan yang berkunjung ke kabupaten kuningan makanan ini adalah makanan wajib. Ya tape ketan khas kuningan memang menjadi ciri khas dari kabupaten kuningan. Selain minuman jeruk nipis peras tentunya. Yang lebih menarik adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan tape ketan tersebut.

Biasanya tape ketan tersebut memang disimpan dalam ember hitam, baik yang berukuran sedang ataupun yang berukuran besar.

Tape ketan ini akan banyak diburu wisatawan ketika musim liburan tiba. Karena saat ini kabupaten kuningan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terlebih lagi mengenai makanan dan minuman khasnya, selain juga tempat wisatanya yang menyajikan pemandangan menarik.

Tape Ketan dibuat dari ketan putih yang kemudian berwarna hijau karena mungkin proses fermentasi yang terjadi. Dalam memilih tape ketan, wisatawan harus memilih jenis dan juga kemana panganan yang satu ini akan dibawa. Tape ketan ada dua jenis yaitu yang belum matang dan yang sudah matang.

Bagi anda yang berasal dari luar kuningan ada baiknya memilih jenis yang belum matang, agar ketika sampai ditempat tujuan tape ketan sudah matang dan bisa dimakan. Tapi jika akan dibawa ke daerah yang lebih dekat lebih baik memilih tape ketan yang sudah matang.

Berikut adalah beberapa tempat penjual tape ketan :

1. Tape Ketan Khas Kuningan ‘ Zhay ‘

Alamat : Blok Desa cikupa, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

No Telepon : 0812-2387-0614

2. Tape Ketan ” Mas Heru “

Alamat : Jl. Lebe Gede Blok Paleben, Cigugur, Kecamatan Kuningan.

No Telepon : 0812-2059-499

3. Tape Ketan Sanjaya

Alamat : Jl. Raya Jalaksana, Bandorasa Wetan, Kabupaten Kuningan.

No Telepon : 0853-5147-4042