Teknologi Pertanian Dan Pangan Di Indonesia Harus Lebih Ditingkatkan | Pinjaman online kuningan info

Teknologi Pertanian Dan Pangan Di Indonesia Harus Lebih Ditingkatkan

KNGInfo.com – Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki daratan dan lautan yang cukup luas. Selain itu Indonesia juga termasuk kedalam salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Tentu hal tersebut bisa menjadi acuan untuk lebih meningkatkan lagi hasil pertanian dan pangan di Indonesia. Agar kedepannya kebutuhan masyarakat Indonesia bisa terpenuhi, tanpa harus terlebih dahulu mengekspor produk pangan ataupun pertanian dari luar negeri.

Tentu apabila kita bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan memberdayakan hasil pangan ataupun pertanian masyarakat sendiri. Hal tersebut juga akan ikut mengangkat ekonomi ataupun kehidupan masyarakat, yang kehidupannya bergantung kepada bidang pertanian dan pangan.

Mungkin yang bisa menjadi salah satu fokus pemerintahan saat ini ialah dengan meningkatkan teknologi dibidang pertanian dan juga pangan. Untuk bidang pertanian sendiri, sudah dari dulu jika Indonesia ini memiliki lahan yang cukup luas, baik itu didarat ataupun dilaut. Indonesia sendiri memiliki wilayah laut yang cukup luas, sehingga pertanian laut bisa lebih dikembangkan lagi dengan teknologi yang semakin canggih.

Dari mulai penangkapan ikan dilaut, pengolahan ikannya sampai dengan pengawetan dan distribusi ikan hasil laut. Jika menggunakan teknologi yang sudah canggih, tentu hal tersebut tidak akan sampai memakan waktu yang cukup lama. Dari mulai proses penangkapan, pengolahan sampai dengan distribusi ke pasar ataupun swalayan. Sedangkan untuk wilayah daratan, banyak pertanian yang sudah bisa menggunakan teknologi.

Pertanian sendiri merupakan salah satu bidang yang bisa dikembangkan lagi oleh pemerintah, tentu dikembangkan disini maksudnya hasil produksinya dengan menggunakan teknologi terbarukan. Baik itu bidang pertanian yang menghasilkan padi ( ataupun beras ) yang merupakan makanan utama bagi masyarakat Indonesia. Ataupun bidang pertanian lainnya, seperti kacang-kacangan dan yang lainnya.

Karena menurut opini saya, sudah saatnya teknologi dibidang pertanian dan pangan ini lebih dikembangkan lagi. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk lebih meningkatkan lagi hasil yang diperoleh dan agar bisa memenuhi kebutuhan konsumsi didalam negeri. Tanpa harus kita mengekspornya terlebih dahulu dari negara lain, karena dengan mengekspor kebutuhan dari negara lain. Berarti sama saja kita membiarkan para petani ataupun nelayan hidup dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan.

Oleh sebab itu, inovasi dalam hal teknologi pertanian dan juga pangan sangat dibutuhkan. Tentu dengan tidak mengesampingkan para petani, nelayan dan orang yang berperan didalam pertanian dan pangan itu sendiri. Sudah saatnya indonesia memiliki teknologi ataupun mesin-mesin canggih dan handal dalam bidang pertanian dan pangan. Sudah saatnya Indonesia mampu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakatnya sendiri tanpa harus terlebih dahulu mengekspor kebutuhan tersebut dari luar negeri.

Sebagai masyarakat mari kita dukung perkembangan inovasi dibidang teknologi pertanian dan pangan. Yang sedang digarap oleh pemerintahan, agar kedepannya Indonesia bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakatnya sendiri.

Sumber Foto : DPKP Kelompok 9