Tiga Bahasa Internasional Yang Paling Banyak Dipakai Di Dunia

KNGInfo.com – Berapa bahasa asing yang Anda kuasai ? Dua ? Tiga ? Ternyata, di dunia ini ada sekitar 6.900 bahasa, lho. Namun dari ribuan bahasa itu, tidak sampai sepuluh persen yang menjadi bahasa internasional. Dan, dari sepuluh persen bahasa internasional, Bahasa Inggris adalah salah satunya. Pantas saja ada banyak tempat les dengan biaya les Bahasa Inggris yang beragam. Termasuk kursus Bahasa Inggris di Jakarta.

Namun, apa Bahasa Inggris juga bahasa yang paling banyak dituturkan di dunia ? Ternyata tidak, lho. Bahasa Mandarin adalah bahasa dengan penutur terbanyak di dunia, yakni sekitar 1,2 miliar orang. Bahasa Mandarin juga dipakai secara resmi di tiga puluh tujuh negara. Tidak terlalu banyak negara yang memakainya, memang. Sebagian penuturnya ada di Tiongkok, negara dengan penduduk terbanyak di dunia.

Selebihnya adalah mereka yang bertutur menggunakan Bahasa Mandarin karena alasan bisnis ataupun alasan pendidikan.

Di tempat kedua ada Bahasa Spanyol, yang dipakai secara resmi di tida puluh satu negara dan memiliki penutur sebanyak 437 juta orang. Penyebaran Bahasa Spanyol yang luas karena pada era sebelum perang dunia II negara ini memiliki daerah jajahan yang sangat luas. Negara Indonesia sendiri pernah dijajah Spanyol sebelum dikuasai oleh Belanda.

Setelah Bahasa Spanyol, barulah Bahasa Inggris di tempat ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan. Walaupun hanya ranking ketiga, tapi jangan salah. Penyebaran Bahasa Inggris justru yang paling luas. Dimana Bahasa ini dipakai di seratus enam negara di dunia. Termasuk sebagai bahasa resmi kedua, seperti di Malaysia, India, dan Afrika Selatan.

Bahasa Inggris juga menjadi bahasa resmi internasional dalam berbagai bidang. Kemana saja kita pergi di dunia, asal bisa berbahasa negara Pangeran William ini, maka kita tak perlu khawatir soal komunikasi.

Lantas, apakah biaya les Bahasa Inggris jadi mahal, karena pentingnya kita mempelajarinya ? Tidak juga. Jika kita pintar memilih, biaya yang kita keluarkan akan sebanding dengan ilmu dan kualitas pengajaran yang kita dapatkan. Itu sebabnya kita harus mencermati dahulu mutu tempat kursus Bahasa Inggris yang ingin kita masuki. Apalagi di ibukota, di mana banyak sekali tempat kursus Bahasa Inggris di JakartaJadi, ayo menguasai Bahasa Inggris sejak sekarang.