Tips Agar Lulus SNMPTN | Pinjaman online kuningan info

Tips Agar Lulus SNMPTN

KNGInfo.com – Memasuki tahun baru, seharusnya kita sudah memiliki rencana untuk lanjut ke jenjang berikutnya seperti mengikuti SNMPTN. Membahas mengenai SNMPTN, bagi kamu yang ingin mengikutinya, ada beberapa tips yang bisa kita gunakan agar lulus dengan mudah. Dan pada postingan kali ini, kita akan membahasnya. Simak baik – baik ya.

Sekilas Mengenai SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur masuknya ke Perguruan Tinggi. Untuk syarat kelulusannya adalah nilai rapor semester pertama hingga terakhir dan bisa juga portofolio dari prestasi non akademik. Namun untuk prestasi non akademik harus sesuai dengan jurusan dari PTN yang akan dipilih.

Dan pendaftaran SNMPTN ini pelaksanaanya paling awal dan tidak memerlukan tes. Selain itu, untuk mengikuti SNMPTN juga tidak dikenakan biaya registrasi karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Sehingga hal ini pula yang membuat SNMPTN paling banyak peminatnya.

Persyaratan Lulus SNMPTN

Untuk lulus jalur SNMPTN, ada beberaoa syarat yang perlu kita ikuti, yakni:

  • Berdasarkan peringkat dalam nilai rapor, nilai rapor yang digunakan adalah mulai dari kelas 10 hingga kelas 12.
  • Berdasarkan peringkat nilai dari prestasi non akademik, nilai prestasi yang menjadi pertimbangan prestasi ini seperti prestasi pada bidang seni, olahraga dan lainnya yang bisa dijadikan portofolio.
  • Menurut jumlah siswa dari kuota akreditasi sekolah, untuk sekolah yang berakreditasi A memiliki kuota, 40%, sekolah akreditasi B memiliki kuota sebanyak 25% dan yang berakreditasi C sebanyak 5%.

Tips Agar Lulus SNMPTN

Berikut ada beberapa tips yang bisa kita gunakan agar dapat lulus SNMPTN dengan mudah.

1. Pilih Jurusan Yang Sedikit Peminatnya

Dengan memilih jurusan yang memiliki banyak peminat, tentunya sedikit pula peluang kita untuk lulus karena pastinya kita harus bersaing dengan orang – orang pintar lainnya yang juga memilih jurusan tersebut. Pilih jurusan yang memiliki sedikit peminat bisa memberikan peluang besar untuk kita dapat lulus SNMPTN.

BACA JUGA  Lowongan Kerja BPJS Kesehatan Sebagai PTT

2. Pilih Perguruan Tinggi yang Berbeda Dari Teman

Selain jurusan, memilih perguruan tinggi yang sama dengan teman juga bisa menjadi salah satu faktor tidak lulusnya kita, karena semakin banyak peminatnya maka semakin sedikit peluang untuk lulus Sehingga ada baiknya untuk memilih perguruan tinggi yang berbeda dari teman kita.

3. Pilih Jurusan Dengan Passing Grade yang Rendah

Biasanya passing grade setiap jurusan berbeda – beda,  jadi kita bisa memanfaatkannya dengan memilih jurusan dengan passing grade yang rendah agar mendapatkan peluang untuk lulus yang lebih besar.

4. Pilih Jurusan yang Mempersyaratkan Portofolio

Apabila kamu unggul dalam prestasi non akademik, kamu bisa juga memilih jurusan yang mempersyaratkan portofolio, seperti jurusan kesenian, olahraga dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa membuktikan prestasi kamu dan pastinya peluang untuk lulus pun lebih besar.

5. Lakukan Pendaftaran Sebelum Penutupan

Tips terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan pendaftaran sebelum penutupan. Dengan mendaftar di akhir, kita akan lebih mudah melihat jurusan yang memiliki peluang lulus yang lebih besar dan dapat kita ikuti. Kamu bisa menanyakan informasi tersebut kepada guru ataupun mengeceknya secara online.

Itulah beberapa tips agar lulus SNMPTN dengan mudah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan.