Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan | Pinjaman online kuningan info

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

KNGInfo.com – Berkendara kendaraan bermotor sudah menjadi rutinitas, termasuk rutinitas warga kuningan dan sekitarnya. Baik itu ketika pergi bekerja, kesekolah dan hal lainnya yang membutuhkan kendaraan. Akan tetapi, dikala musim hujan, tentu akan ada beberapa faktor keselamatan yang harus lebih diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips aman berkendara dikala musim hujan yang dilansir dari beberapa sumber :

1. Waspada Jalan Licin

Ketika hujan, biasanya jalanan yang biasanya kita lewati akan menjadi licin. Hindari jalanan yang licin ketika berkendara dalam keadaan hujan serta hindari melakukan pengereman secara mendadak.

2. Pengereman

Pengereman mendadak yang anda lakukan ketika berkendara dipermukaan jalan yang basah dapat menyebabkan kendaraan yang anda naiki tergelincir. Oleh sebab itu, jangan melakukan pengereman di jalanan yang basah secara tiba-tiba.

3. Kecepatan

Kecepatan saat berkendara harus selalu anda perhatikan. Terlebih lagi berkendara ketika cuaca sedang turun hujan yang cukup lebat. Berkendara dalam kecepatan yang cukup tinggi pada permukaan jalan yang basah akan mengurangi kontrol anda ketika berkendara. Hal tersebut tentu bisa berakibat patal dan bisa menyebabkan anda mengalami kecelakaan.

4. Kondisi Ban

Sebelum berkendara menggunakan sepeda motor, terlebih lagi dalam jarak yang cukup jauh. Perhatikan selalu cengkraman ban motor anda diatas aspal, terlebih lagi ketika kondisi hujan. Ban yang komponnya sudah mulai habis atau dalam arti lain ban sudah botak. Akan membahayakan anda sebagai pengendara karena ban tersebut licin.

5. Genangan Air

Jika terdapat genangan air disisi kanan ataupun kiri jalan yang akan anda lewati, sebisa mungkin untuk menghindarinya. Jika memang terpaksa melewati genangan air tersebut, segeralah perlambat laju kendaraan anda. Hal ini guna menghindari anda sebagai pemotor terperosok dan risiko yang lebih fatal lainnya.

6. Lampu Kendaraan

Pastikan lampu motor kendaraan anda berfungsi dengan baik. Terlebih lagi dalam kondisi hujan, dimana cahaya lampu tersebut akan membantu pengguna jalan lainnya untuk mengetahui kehadiran anda.

7. Jangan Terburu-buru

Jangan terburu-buru untuk cepat sampai tujuan ketika berkendara dalam keadaan hujan. Lebih baik berteduh menunggu hujan reda terlebih dahulu. Dimana hal ini bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan karena konsentrasi terganggu.

8. Kenakan Mantel Hujan

Ketika berkendara dalam keadaan hujan, memakai mantel tentu diperbolehkan asalkan jangan menggunakan mantel tipe ponco. Karena mantel bertipe ponco cenderung tidak aman karena berpotensi tersangkut diroda atau terkait dikendaraan lain. Selain itu, jika hujan disertai angin, tipe mantel baju ini tidak menutupi tubuh secara baik.

9. Amankan Dokumen dan Ponsel

Bungkus SIM, STNK, KTP, ATM dan surat berharga lainnya dengan plastik agar tidak terkena air hujan. Untuk anda yang menggunakan motor dengan tipe matik ataupun bebek gunakan bagasi untuk penyimpanan benda-benda tersebut.

Itulah beberapa tips yang harus anda perhatikan ketika berkendara dalam keadaan hujan. Selalu utamakan keselamatan daripada kecepatan dijalan raya.

Sumber Foto : Suryamalang