Tips Aman Berlindung Saat Gempa Bumi | Pinjaman online kuningan info

Tips Aman Berlindung Saat Gempa Bumi

KNGinfo.com- Indonesia berada pada pertemuan dari tiga lempeng yang dapat menyebabkan gempa bumi akibat dari aktivitas pergeseran lempengan tersebut. Dan gempa bumi merupkan bencana alam yang dapat terjadi kapan saja. Namun bencana alam yang akan terjadi dapat di prediksi dengan pantaun dari ahli meteorologi dan geofisika dengan cara mengamati aktivitas cuaca dan geofisika. Indonesia telah mendirikan Badan Meteorologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) yang merupakan lembaga pemerintah non departemen. BMKG adalah lembaga yang melaksanakan tugas pemerintah untuk meneliti dan mengamati pada bidang metelorologi klimitologi dan geofisika. Dan saat ada kabar bencana alam pada sebuah daerah Indonesia BMKG akan menginformasikan kepada publik atau masayarakat secara real time agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar tentang bencana yang terjadi dan mendapat upaya tindakan antisipasi.

Dalam beberapa waktu ini telah terjadi bencana alam pada kabupaten kuningan yaitu terjadi gempa bumi darat yang berskala magnitude 3.1 yang titik gempa berada pada 8 Km Barat Laut Kabupaten kuningan dengan kedalaman 6 Km. Yang terjadi pada tanggal 17 November 2020 Pukul 23.21 Wib. Gempa yang terjadi merupakan gempa yang di rasakan oleh sebagian warga sekitar kabupaten kuningan. Dan gempa tersebut tidak berdampak tsunami dan pihak BMKG menginformasikan akan adanya gempa susulan yang akan terjadi. Untuk itu bagi anda yang mengalami bencana alam gempa bumi sebaiknaya saat terjadi gempa bumi anda jangan panik dan teteap waspada agar anda tetap aman dan selamat dari bencana alam gempa bumi. Berikut ada beberapa tips aman berlindung menurut BMKG saat gempa bumi terjadi sebagai antisipasi tindakan saat gemap bumi terjadi sebagai berikut.

Tips Aman Berlindung Saat Gempa Bumi.

1. Jika Anda Berada Dalam Ruangan Atau Bangunan.

Lindungi diri anda dari reruntuhan benda yang ada dalam ruangan atau bangunan dengan bersembunyi bawah kolong meja atau benda yang kuat untuk melindungi diri dari reruntuhan benda yang jatuh. Dan jika anda memiliki kesempatan untuk keluar ruangan atau bangunan segera keluar.

BACA JUGA  Studio Photo Prewedding Kuningan

 

2. Jika Anda Berada Luar Bangunan.

Cari tempat berlindung pada area yang terbuka seperti lapangan yang jauh dari reruntuhan bangunan sekitar anda seperti tiang listirk atau pohon. Dan jika saat gempa anda sedang mengendarai kendaraan sebaiknya anda menghentikan kendaraan untuk menghindari kecelakaan.

3. Jika Anda tingal Pada Daerah Pesisir Pantai dan Perbukitan.

Saat gempa bumi terjadi dan anda berada pada kawasan pantai segera anda pergi ke daerah yang aman untuk menghindari akan terjadi nya tsunami. Dan jika anda berada pada daerah perbukitan segera anda mencari tempat yang aman untuk menghindari longsor akibat gempa bumi.

4. Tetap Waspada Jangan Panik.

Saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi membuat situasi sekitar anda bergunjang dan membuat anda panik. Namun sebaiknya anda jangan panik agar dapat menyelamatkan diri anda dan keluarga anda. Dan tetap waspada terhadapa bencana alam susulan yang akan terjadi lagi dengan mencari tahu informasi bencana alam dari sumber yang resmi seperti BMKG dan BPBD. Agar anda dapat mengantisipasi bencana alam sesuai himbuan dan menghindari informasi hoax.

Itulah beberapa tips atau langkah-langkah antisipasi yang dapat anda ketahui saat terjadi bencana alam terjadi. Dengan tetap waspada dengan keadaan sekitar karena bencana alam dapat terjadi kapan saja. Dan jangan mudah untuk mempercayai dengan informasi hoax tentang bencana alam agar anda dapat bertindak sesuai himbauan. Untuk anda yang ingin mendapat informasi mengenai BMKG anda dapat mengakses website resmi BMKG. Dan saat pademi covid-19 tetap selalu patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker saat berada luar rumah. Dan jaga jarak anda dan seringlah untuk mencuci tangan. Untuk memutus mata rantai penularan covid-19. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

BACA JUGA  Daftar Jasa Dekorasi Pernikahan Area Kuningan