Tips Lolos Beasiswa Dalam Negeri

  • 2 min read
  • Feb 22, 2021
Tips Lolos Beasiswa Dalam Negeri

KNGInfo.comTips Lolos Beasiswa Dalam Negeri – Bagi kamu yang akan memasuki dunia perkuliahan dan memutuskan untuk mengambil jalur beasiswa, maka postingan kali ini akan sangat berguna untuk kamu. Karena kali ini kita akan membahas tips untuk lolos beasiswa khususnya di dalam negeri. Berikut ulasan selengkapnya.

Macam – Macam Beasiswa

Sebelum masuk ke tipsnya, maka kita perlu tahu bahwa beasiswa pun terbagi menjadi 4 jenis kelompok tergantung tanggungan pihak penyedia beasiswa, yakni:

1. Beasiswa Uang Pendidikan

Sesuai dengan namanya, dengan beasiswa ini semua biaya pendidikan dalam jangka waktu tertentu, misalnya selama satu semester, satu tahun, hingga semester 8 akan ditanggung oleh pihak penyedia beasiswa ini. Namun ada beberapa yang tidak hanya uang pendidikan saja, tapi juga membiayai hidup bulanan, biaya buku dengan jumlah yang telah ditentukan oleh pihak bersangkutan.

2. Beasiswa Pelatihan Kepemimpinan

Beasiswa ini yang akan menanggung biaya program pelatihan kepemimpinan pada jangka waktu tertentu dan biasanya pelatihan kepemimpinan ini dilakukan dalam 1 hingga 3 kali selama 1 semester. Ada beberapa yang juga memberikan tambahan berupa uang dengan jumlah dan jangka waktu tertentu pula.

3. Beasiswa Gabungan

Ini merupakan gabungan dari beasiswa uang pendidikan dan juga pelatihan kepemimpinan, yang artinya pihak penyedia beasiswa akan menanggung semua biaya pendidikan serta biaya pelatihan kepemimpinan kita yang diadakan oleh mereka.

4. Beasiswa Tugas Akhir

Yang terakhir ada beasiswa yang membantu dalam hal finansial untuk menyelesaikan Tugas Akhir seperti Skripsi ataupun penelitian. Namun akan ada kriteria tertentu untuk batasan jurusan ataupun tema dari penelitiannya.

Tahapan Seleksi Pada Beasiswa

Sebelum dinyatakan lulus untuk mendapatkan beasiswa ini, akan ada tahapan seleksi yang mesti kamu lalui yakni:

1. Seleksi Berkas

Pada tahapan ini kamu perlu melampirkan berkas – berkas tertentu yang merupakan persyaratannya seperti nilai raport, prestasi, pengalaman organisasi, surat rekomendasi, surat keterangan kuliah, data diri dan lainnya.

2. Seleksi Wawancara

Pada tahap ini pihak penyedia beasiswa akan mengetahui diri kita lebih dalam sehingga tak sedikit peserta yang gugur karena tidak tahu bagaimana menghadapi seleksi ini.

3. Seleksi Tulis

Akan ada beberapa jenis soal yang harus kamu jawab sebagai calon penerima beasiswa seperti TPA atau Tes Potensi Akademik yang sejenis dengan soal – soal

4. Seleksi Grafis

Seleksi yang bertujuan untuk mengetahui karakter pribadi calon penerima beasiswa.

5. Uji Publik

Peserta akan diminta untuk beritahu dan menjawab beberapa pertanyaan didepan banyak orang.

Tips dan Trik Lolos Seleksi Beasiswa

Berikut tips dan trik untuk bisa lolos dalam seleksi beasiswa yang unik dan pasti ada, seperti:

1. Seleksi Berkas

Dalam seleksi ini, kamu perlu memperhatikan kembali apakah semua berkas sudah lengkap atau belum. Karena sering kali penyebab tidak lulusnya calon penerima beasiswa pada seleksi ini karena bekasnya yang kurang lengkap.

2. Seleksi Wawancara

Dalam seleksi ini kamu bisa menggunakan tips ini:

  • Membuat bank soal yang sekiranya akan keluar saat wawancara berlangsung.
  • Menatap wajah interviewer selama wawancara karena akan menunjukkan bahwa kamu menghargai saat dia berbicara dan memperhatikan apa yang disampaikan.
  • Menggunakan pakaian yang sopan dan rapi agar menunjukkan kepribadian yang serupa.
  • Datang lebih awal agar tidak telat bahkan bisa lebih mempersiapkan diri.
  • Berbicara dengan intonasi yang stabil agar tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat.
  • Memahami visi dan misi dari pihak penyedia beasiswa agar bisa mengetahui peluang.

Itulah ulasan mengenai tips lulus beasiswa dalam negeri. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kamu yang sedang membutuhkan.

BACA JUGA  Tak Sampai 5 Menit, Ini Cara Mengubah Nama Bayi Pada Kartu BPJS
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *