Tips Mudik Aman Dan Selamat Dari Team KNGINFOCOM

KNGInfo.com – Mudik merupakan salah satu tradisi yang selalu hadir ketika menjelang hari raya idul fitri. Karena banyak perantau yang memilih kembali ke kampung halamannya setiap kali libur lebaran. Entah itu untuk melepas kangen terhadap sanak saudaranya yang ada di kampung. Ataupun memang karena hari raya idul fitri dipikirnya sangat kental kaitannya dengan meminta maaf kepada kedua orangtua dan yang lainnya.

Akan tetapi, ketika melakukan perjalanan mudik dan dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Baik itu menggunakan moda transportasi umum ataupun menggunakan transportasi pribadi. Tentu ada beberapa hal ataupun beberapa tips yang harus dilakukan. Agar perjalanan mudiknya selamat sampai tujuan dan tidak mengalami gangguan apapun selama di perjalanan.

Berikut beberapa tips mudik yang team knginfo dapatkan dari berbagai sumber terpercaya :

1. Siapkan Fisik Yang Prima Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

Fisik merupakan salah satu faktor yang sangat penting anda perhatikan. Jangan pernah sesekali berkendara dengan jarak tempuh yang jauh dikala fisik anda tidak dalam kondisi prima. Karena berdasarkan data dan fakta yang dilansir dari laman dishub dan korlantas polri. Bahwa faktor utama terjadinya kecelakaan dijalan raya dikarenakan pengemudi yang mengantuk ataupun kelelahan. Maka dari itu persiapkan fisik anda sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

2. Tidak Meminum Obat Atau Minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi

Selain fisik, anda juga harus memperhatikan obat atau minuman yang anda konsumsi baik sebelum ataupun selama mengemudi. Jangan sampai anda meminum atau mengkonsumsi yang pada akhirnya menyebabkan kantuk dan mengganggu konsentrasi anda dalam mengemudikan kendaraan.

3. Periksa Kondisi Kelayakan Kendaraan

Sebelum memutuskan untuk mudik ke kampung halaman, periksakanlah terlebih dahulu kendaraan anda ke bengkel terdekat. Cek kondisi kendaraan baik itu kondisi rem kendaraan, oli, ban motor / ban mobil serta kondisi lainnya agar mobil tersebut memang layak untuk digunakan mudik.

4. Beristirahatlah Selama 15 Menit

Ketika berkendara, setelah berkendara 4 jam lebih akan lebih baik jika anda beristirahat selama kurang lebih 15 menit untuk menjaga konsentrasi dan juga stamina anda selama mengemudikan kendaraan bermotor.

5. Kendaraan Tidak Melebihi Muatan

Pastikan muatan kendaraan anda tidak melebihi batasan atau beban yang sudah ditentukan. Agar nantinya kendaraan anda tidak terganggu dengan hal-hal yang demikian.

6. Tidak Melebihi Batas Kecepatan Yang Ditentukan

7. Pastikan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan selama perjalanan mudik anda.

8. Selalu patuhi rambu-rambu lalulintas.

Gambar Ilustrasi : DiskonajaBlog