Tour de Linggarjati, Event Balap Sepeda Kebanggaan Masyarakat Kuningan

KNGInfo.com – Bertempat di Pendopo Kantor Bupati Kuningan pada hari Senin (22/10/2018) Bupati Kuningan beserta jajaran panitia Tour De Linggarjati dipimpin Ketua Panitia, Drs. Agus Sadeli, M.Pd menggelar Press Conference pelaksanaan event Balap Sepeda terbesar di Jawa Barat ini Secara umum Kabupaten Kuningan telah siap menerima para atlet sepeda dari berbagai klub di Indonesia maupun Mancanegara. Rute yang akan dilalui pun sudah hampir seluruhnya diperbaiki sehingga jalan yang dilalui menjadi mulus dan aman untuk dilalui sepeda dengan kecepatan tinggi.

Bupati Kuningan menambahkan bahwa Pelaksanaan event seperti Tour De Linggarjati yang mempunyai skala Internasional merupakan investasi jangka panjang. Kunci dari kesuksesan untuk meningkatkan kekuatan image pariwisata dapat diraih dengan menjaga kesinambungan kegiatan melalui perbaikan dan peningkatan kualitas dalam setiap pelaksanaannya.

Manfaat peningkatan daya tarik wisata Kabupaten Kuningan akan dirasakan secara bertahap, pengenalan daerah bagi wisatawan domestik maupun internasional tidak bersifat serta merta. Diharapkan dengan kesuksesan pelaksanaan Tour De Linggarjati juga menarik event-event internasional lainnya untuk dilaksanakan di Kabupaten Kuningan.

Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai Jumat, 26 Oktober sampai dengan Minggu, 28 Oktober 2018, akan dimulai dengan pelaksanaan Kirab. Kirab dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Oktober 2018 mulai pukul 06.30 – 07.30 WIB dengan start di Depan Pendopo Kuningan dan finish di lapang Sepak Bola Desa Purwasari Garawangi. Total jarak tempuh sepanjang 16,2 Km. Peserta Kirab terdiri atas para atlet, official, panitia, pejabat daerah dan masyarakat umum.

Tak hanya itu, pendukung acara yang turut memeriahkan acara. Juga telah disiapkan untuk menyambut para atlet dan official. Selain tampilan seni tradisional khas Kuningan, kegiatan Tour De Linggarjati juga akan dimeriahkan dengan UMKM Fair yang akan menampilkan produk unggulan daerah. Yang lebih menarik lagi bagi para penggemar hobby fotografi juga bersiap-siap memeriahkan acara melalui kegiatan Lomba Foto Tour De Linggarjati. Dan bagi masyarakat Kuningan juga dapat mengikuti Lomba Funbike pada hari Minggu, start finish di Pandapa Paramarta.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kuningan menyampaikan harapannya. Agar event kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan menjadi tanggung jawab kita semua. Dan akhirnya akan berdampak pada kemajuan Kuningan di masa yang akan datang.

Bupati Kuningan juga sangat berharap, “Tour de Linggarjati ini kami gelar untuk lebih mengenalkan Kabupaten Kuningan di dunia global. Kuningan memiliki banyak potensi pariwisata yang belum diketahui khalayak ramai. Dengan tagline “Lintasi Alam, Kenali Budaya, Cintai Sejarah”, saya kira sangat cocok dengan tujuan kegiatan ini. Para atlet akan diajak melintasi alam kuningan yang indah, dikenalkan juga dengan tampilan budaya daerah. Serta mengingatkan kembali bahwa Linggarjati adalah saksi sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Drs. Agus Sadeli, MPd, sebagai Ketua Panitia Tour de Linggarjati 4 Tahun 2018 menghimbau agar panitia bekerja bersungguh-sungguh demi suksesnya acara ini. “Saya juga berharap dukungan dari masyarakat Kuningan untuk pelaksanaan lomba ini. Semoga dapat menerima dengan baik dan ramah para atlet dan official yang datang ke Kuningan. Berikanlah kesan yang baik, sehingga kesan ini akan membuat mereka mau kembali lagi ke Kuningan,” tegasnya. Salah satu tujuan dilaksanakannya Tour De Linggarjati ini selain mencari bibit potensial atlet sepeda, juga mendukung promosi pariwisata Kabupaten Kuningan.

Ketua Panitia TDL ini yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Kuningan. Juga menyampaikan untuk sementara jumlah peserta yang mendaftar secara online di LCC Series sebanyak 132 peserta dari 27 team dalam negeri dan luar negeri (Malaysia, Filipina, Inggris, Thailand, dan Singapura).

Pada Lomba TDL 4 ini akan dilombakan 3 kategori yaitu :

1. Individual Time Trial (ITT)

  • Hari : Jumat 26 Oktober 2018.
  • Waktu : 08.00 – 10.30 WIB.
  • Start : Lapang Sepak Bola Desa Purwasari Garawangi.
  • Finish : Depan Pendopo Kuningan.
  • Jarak Tempuh : 9,8 Km.

2. Individual Road Race (IRR)

  • Hari : Sabtu 27 Oktober 2018.
  • Waktu : 08.00 – 13.00 WIB.
  • Start – Finish : Depan Pendopo Kuningan.
  • IRR Youth Jarak Tempuh : 43,1 Km.
  • IRR Junior Jarak Tempuh : 65,3 Km.
  • IRR Men Elite Jarak Tempuh : 119,7 Km.

3. Criterium

  • Hari : Minggu 28 Oktober 2018.
  • Waktu : 08.00 WIB sampai dengan selesai.
  • Start – Finish : Depan Pendopo Kuningan.
  • Jarak 3 Km yang akan ditempuh beberapa kali lap/putaran sesuai dengan kategori usia.

Ketua panitia juga menambahkan informasi bahwa rute yang dilalui balap sepeda ini akan sedikit mengganggu aktifitas lalu lintas diwilayah Kabupaten Kuningan. Dimana nantinya akan melintasi 106 desa, 18 Kecamatan diwilayah Kabupaten Kuningan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kemacetan panitia TDL bekerjasama dengan Polres Kuningan dan instansi terkait lainnya perihal sosialisasi jalur yang akan digunakan.

Selain itu, karena semua rangkaian acara perlombaan terpusat di kawasan kota kuningan dan terkait dengan adanya lomba. Kegiatan CFD Tanggal 28 Oktober 2018 ditiadakan. Namun hiburan masyarakat kuningan tersebut akan tergantikan oleh tontonan yang sangat menarik. Yaitu event balap sepeda terbesar di Jawa Barat yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan.