Wargi Kuningan Yang Mudik, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Mudik

KNGInfo.com – Mudik ke kampung halaman dalam situasi menuju hari raya idul fitri merupakan sebuah tradisi yang sudah terjadi sejak lama. Hal tersebut juga tentunya dirasakan oleh sebagian wargi kuningan yang sedang mencari rezeki atau bekerja diluar daerah. Sehingga libur lebaran tentu akan dimanfaatkan dengan pulang ke kampung halamannya sendiri, untuk bertemu sanak saudaranya.

Namun tentu sebelum mudik ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mudik. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda akan mudik ke kampung halaman :

1. Pastikan Rumah Terkunci

Sebelum memastikan bepergian untuk mudik ke kampung halaman, yang pertama harus anda pastikan adalah rumah terkunci dengan benar. Kalau bisa jangan mengandalkan satu kunci saja, akan tetapi menggunakan juga kunci tambahan. Agar kondisi rumah benar-benar terkunci dan bisa meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan selama anda meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman.

2. Matikan Keran Air

Hal yang kedua yang harus anda pastikan adalah matikan keran air. Karena jika tidak ditakutkan air keran tersebut meluap dan terbuang sia-sia selama anda bepergian mudik.

3. Matikan Listrik

Arus listrik harus anda pastikan benar-benar dalam keadaan mati ketika anda akan bepergian mudik ke kampung halaman. Terlebih lagi jika memang anda berniat untuk berlama-lama di kampung halaman untuk melepaskan rindu kepada sanak saudara yang ada dikampung. Terlebih lagi memang aliran listrik menjadi salah satu penyebab kebakaran rumah karena adanya konslet dalam aliran listrik tersebut. Maka pastikan aliran listrik tersebut benar-benar sudah dalam kondisi mati.

4. Gas Tidak Bocor

Selanjutnya hal yang harus anda perhatikan adalah kondisi gas tidak dalam keadaan bocor. Gas yang dimaksud adalah gas yang dipergunakan untuk memasak. Karena ditakutkan jika tidak dicek bahwa gas tersebut aman dan tidak mengalami kebocoran akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Baik itu gas nya meladak ataupun hal yang lainnya.

5. Kunci Ganda Kendaraan

Jika anda berniat mudik dengan menggunakan kendaraan umum, tentu hal ini harus menjadi perhatian lebih. Kunci ganda kendaraan anda yang akan anda tinggalkan selama mudik lebaran kali ini. Karena bagaimanapun kendaraan merupakan salah satu hal yang bisa memicu terjadinya aksi kejahatan.

6. Koordinasikan dengan pihak RT/RW Setempat

Selanjutnya adalah koordinasikan kepada pihak RT/RW setempat dimana anda tinggal. Agar selama mudik rumah anda dan lingkungan dirumah anda bisa terpantau oleh pihak keamanan karena sudah mengkoordinasikan terlebih dahulu.

Jangan lupakan ke enam hal tersebut jika anda akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Agar suasana mudik anda terasa aman karena rumah ataupun kendaraan yang ditinggal aman dari hal-hal yang tentunya tidak anda inginkan.

Foto Ilustrasi : Kompasdotcom