Waspada Terhadap Penipuan Berkedok Undian Hadiah

KNGInfo.com – Penipuan berkedok undian hadiah mungkin sudah terjadi sejak lama. Meskipun demikian, masih saja ada masyarakat yang tertipu oleh undian tersebut. Bisa jadi karena memang sudah tergiur terlebih dahulu dengan hadiah yang ditawarkan. Jika dari awal kita sudah tergiur dengan hadiah yang ditawarkan, sudah pasti kita akan mudah mempercayai undiah hadiah tersebut yang pada akhirnya kita juga mudah tertipu.

Seperti yang dialami oleh salah satu warga kuningan, yang menshare di grup facebook komunitas wargi kuningan. Jika ia mendapatkan sms dengan iming-iming telah memenangkan sejumlah hadiah dalam undian tersebut. Salahnya dia langsung mempercayainya dan mentransfer uang dengan jumlah yang diminta oleh penipu tersebut. Padahal dia sendiri belum mengetahui apakah undiah tersebut penipuan ataukah benar-benar nyata bukan penipuan.

Lalu bagaimana cara mengetahui jika undian hadiah tersebut adalah Undian Penipuan ?

1. Alamat Website

Website penipuan berkedok undian hadiah biasanya menggunakan domain gratisan baik itu blogspotcom ataupun yang lainnya. Selain itu alamat website nya juga tidak berbeda jauh dengan alamat website yang resmi. Contohnya saja bri.blogspotcom.

2. Memajang Foto Ataupun No Telepon

Website penipuan pasti akan memajang foto-foto orang penting yang ada diperusahaan tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat sasaran mereka (orang yang akan ditipu) percaya dengan mereka. Selain itu, call centre yang ditulis didalam website tersebut bukanlah call centre resmi. Melainkan no telepon lain yang dimiliki oleh kelompok penipu berkedok undian hadiah tersebut.

3. Memajang Testimoni Dari Orang-Orang Yang Menerima Hadiah

Hal ini juga harus anda perhatikan. Testimoni-testimoni yang ada didalam website tersebut merupakan testimoni palsu. Dalam artian bahwa kelompok penipu tersebutlah yang membuat testimoni tersebut dengan membuat akun-akun palsu lainnya. Baik berupa akun facebook ataupun akun yang lainnya.

4. Memajang Kode Unik Sesuai Dengan Yang Anda Terima

Guna semakin membuat sasaran orang yang akan mereka tipu lebih percaya lagi. Didalam website yang mereka buat akan mencantumkan kode unik dibawah hadiah, dimana kode unik tersebut sama dengan yang anda terima melalui sms.

5. Memajang Alamat Kantor Palsu

Biasanya mereka yang mendapatkan sms undian berhadiah tidak akan detail perihal melihat kebenarannya. Makanya mereka memajang alamat kantor palsu yang hanya untuk membuat korban lebih percaya lagi dengan apa yang mereka lakukan.

Intinya jika kita menerima sms perihal mendapatkan undian hadiah dan dibawahnya terdapat alamat website berbau blogspotcom. Maka sudah dapat dipastikan jika hadiah undian tersebut merupakan sebuah modus penipuan. Jangan dulu terbuai dengan hadiah yang ditawarkan, sebelum anda benar-benar percaya perihal kebenarannya.