Yang Harus Dilakukan Setelah Gempa Bumi Terjadi

KNGInfo.com – Kabupaten Kuningan dan sekitarnya memang jauh dari bibir pantai. Akan tetapi, kabupaten kuningan masih dalam wilayah yang rawan akan gempa bumi. Seperti yang baru saja terjadi (2/8/19), gempa bumi yang terjadi diwilayah sumur-banten guncangannya terasa sampai kuningan. Namun apakah baraya mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan setelah gempa bumi terjadi ?

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan setelah gempa bumi terjadi :

1. Jika Anda Berada Dalam Ruangan

Jika anda berada dalam ruangan ketika gempa bumi telah selesai. Keluarlah dari bangunan tersebut dengan tertib dan jangan menggunakan tangga berjalan ataupun lift. Gunakan saja tangga biasa dan periksa apa ada yang terluka pada bagian tubuh dan segera lakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Telepon atau mintalah pertolongan jika terjadi luka parah pada anda atau ada yang terluka parah disekitar anda.

2. Periksa Lingkungan Sekitar Anda

Periksalah lingkungan disekitar anda, periksa apabila terjadi kebakaran, kebocoran gas, arus pendek, dan periksa aliran serta pipa air. Selain itu, periksa hal yang tentunya dapat membahayakan anda dan lingkungan sekitar anda. Dengan cara mematikan listrik, tidak menyalakan api dan hal lainnya yang dapat membahayakan.

3. Jangan Masuk Ke Bangunan Yang Sudah Terjadi Gempa

Jangan kembali masuk ke bangunan yang sudah terjadi gempa. Sebelum anda benar-benar yakin jika bangunan tersebut memang masih kokoh dan layak untuk ditempati. Karena kemungkinan robohnya bangunan tersebut masih akan terjadi.

4. Jangan Mendekati Bangunan Yang Rusak

Jika bangunan yang ada didepan anda sudah terlihat rusak karena gempa, jangan mencoba untuk mendekatinya. Karena kemungkinan sewaktu-waktu dapat runtuh akibat adanya gempa susulan.

5. Pastikan Informasi Resmi Hanya Dari BMKG

Pastikan semua sumber informasi terkait gempa tersebut bersumber dari BMKG. Baik dari kanal media sosial resmi milik BMKG ataupun aplikasi milik BMKG yang bisa anda download di playstore.

6. Melaporkan Dampak Gempa Bumi yang dirasakan melalui telepon.

7. Jangan panik dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT demi keamanan dan keselamatan kita semua.

Itu merupakan beberapa hal yang harus anda perhatikan jika gempa yang terjadi telah selesai. Ingat jika terjadi gempa bumi, jangan melakukan hal-hal yang tidak semestinya dilakukan. Selalu pastikan jika informasi-informasi penting perihal gempa bumi dan yang lainnya hanya dari BMKG.

Ilustrasi gambar : LampungPro