Yuk Ke Samsat ! Dan Nikmati Program Bebas BBNKB Dan Denda PKB

KNGInfo.com – Kabar gembira bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor. Karena Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat baru saja mengeluarkan program yang tentunya sangat menguntungkan bagi anda sebagai pemilik kendaraan bermotor. Dimana program yang dirilis bapenda ialah Gratis BBNKB ke 2 dan juga Denda PKB pada Tahun 2018 ini.

Program BBNKB akan sangat membantu anda yang memiliki kendaraan bermotor namun masih atas nama orang lain. Dan ingin menggantinya dengan nama anda sendiri, gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor anda baik itu kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Serta bagi anda yang menunggak pajak kendaraan bermotor anda bisa membayarnya tanpa dikenakan Dena Pajak Kendaraan Bermotor. Untuk PKB ini hanya membayar pajak pokoknya saja.

Program ini berlaku diseluruh wilayah jawa barat, termasuk juga diwilayah kabupaten kuningan. Bagi anda warga kuningan yang ingin menikmati Layanan Gratis BBNKB dan juga Denda PKB. Silahkan datang langsung ke Kantor Samsat setempat yang berada di Jl. Aruji Kartawinata, depan kantor koperasi kabupaten kuningan.

Berikut adalah syarat dan tata caranya :

  1. BPKB ( Asli dan Fotocopy ).
  2. STNK ( Asli dan Fotocopy ).
  3. Cek Fisik Kendaraan ( Bisa anda lakukan di kantor samsat terdekat ).
  4. Kwitansi Jual Beli ( Menggunakan materai 6000 ).
  5. KTP Pemilik daerah yang akan dituju ( Asli dan Fotocopy ).
  6. ( Untuk Badan Hukum ) : Salinan akte pendirian + 1 lembar fotocopy, surat keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup dan juga ditanda tangani oleh pemimpin serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

Untuk instansi pemerintahan termasuk BUMN dan juga BUMD : Surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup dan ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap instansi yang bersangkutan. Dengan tata cara ataupun syarat sebagai berikut :

  1. Kendaraan dihadirkan ke samsat induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan cek fisik (gesek nomor dan rangka mesin).
  2. Menuju gudang arsip, untuk mengambil berkas kendaraan.
  3. Menuju bagian loket mutasi (menyerahkan BPKB dan KTP daerah yang dituju beserta dengan fotocopynya).
  4. Menunggu berkas tersebut keluar dengan waktu tertentu (akan mendapatkan surat jalan sementara).
  5. Kebagian Fiskal, nanti anda akan mendapatkan berkas mutasi keluar.
  6. Setelah berkas tersebut keluar, lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).
  7. Kendaraan dihadirkan ke samsat tujuan untuk melakukan cek fisik (gesek nomor dan rangka mesin).
  8. Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan akan mendapatkan surat jalan sementara).
  9. Menunggu STNK dan juga Plat Nomor.
  10. Kembali ke samsat induk tujuan untuk mengambil STNK dan Plat Nomor Baru.
  11. Menunggu BPKB yang diupdate dengan waktu tertentu.
  12. Mengambil BPKB yang telah diupdate tersebut.
  13. Proses Selesai.

Untuk Program Gratis BBNKB dan Denda PKB ini akan mulai berlangsung pada 1 Juli 2018 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2018. Silahkan dicatat tanggal dan waktunya serta persyaratan apa saja yang harus dibawa. Ketika anda akan menggunakan layanan Gratis BBNKB dan Denda PKB Tahun 2018 Bapenda Provinsi Jawa Barat.